Kapal China pencari MH370 deteksi sinyal

Sabtu, 05 April 2014 - 23:33 WIB
Kapal China pencari MH370 deteksi sinyal
Kapal China pencari MH370 deteksi sinyal
A A A
Sindonews.com – Sebuah kapal China yang terlibat dalam operasi pencarian Malaysia Airlines (MAS) MH370 mendeteksi getaran sinyal di selatan Samudera Hindia, Sabtu (5/4/2014). Namun, belum ada bukti kuat kalau sinyal itu memiliki kaitan dengan MH370.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, kapal China Haixun 01 menangkap sinyal pada lokasi 25 derajat lintang selatan dan 101 derajat bujur timur. “Sinyal yang ditangkap oleh Haixun 01 belum diidentifikasi," sebut pernyataan China Maritime Search and Rescue Center.

Saat ini, kapal-kapal Australia dan Inggris yang terlibat dalam operasi pencarian MH370 di bawah permukaan Samudera Hindia sangat berharap bisa segera menangkap sinyal dari kotak hitam pesawat nahas tersebut, mengingat masa aktif kotak hitam itu hanya 30 hari.

Sementara Menteri Pertahanan Australia, David Johnston, mengaku belum menerima laporan tentang sinyal dan memperingatkan bahwa sinyal mungkin bukan berasal dari pesawat MH370 yang telah hilang sejak 8 Maret lalu.

"Ini bukan pertama kalinya kami memiliki sesuatu yang ternyata sangat mengecewakan," kata Johnston kepada stasiun televisi ABC. "Saya hanya akan menunggu hal positif dari Kepala JACC Angus Houston dan timnya untuk menggerahkan tim saya. Sebab, ini adalah tugas yang sangat-sangat sulit,” lanjutnya.

Xinhua juga melaporkan, sebuah pesawat Angkatan Udara China melihat sejumlah benda mengambang putih di area pencarian pada Sabtu. Pesawat itu memotret obyek selama 20 menit, setelah sebelumnya mendeteksi keberadaan obyek tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)
pixels