Ukraina tangguhkan kerjasama militer dengan Rusia

Jum'at, 04 April 2014 - 21:02 WIB
Ukraina tangguhkan kerjasama...
Ukraina tangguhkan kerjasama militer dengan Rusia
A A A
Sindonews.com – Deputi Pertama Perdana Menteri Ukraina, Vitaly Yarema, pada Jumat (4/4/2104), mengatakan negaranya menangguhkan kerjasama militer dengan Rusia, karena tindakan Rusia yang mengirim pasukannya ke wilayah perbatasan Ukraina.

"Perdana Menteri memutuskan untuk menghentikan kerjasama militer dengan Federasi Rusia," ungkap Yarema, seperti dilansir Xinhua.

“Meskipun kedua negara memiliki hubungan yang sangat dekat di bidang industri militer, Kiev dipaksa untuk berhenti memasok barang-barang pertahanan untuk Rusia, karena mereka dapat digunakan untuk melawan Ukraina jika ketegangan militer muncul,” Yarema menambahkan.

“Untuk menutupi kerugian yang diakibatkan karena kehilangan salah satu mitra dagangnya, yaitu Rusia, Ukraina akan mencari cara untuk mengarahkan ekspor produk militer ke negara-negara timur,” ucapnya.

Menurut para ahli lokal, ekspor militer Ukraina, termasuk senjata, radar dan mesin untuk helikopter dan pesawat, mayoritas diimpor ke Rusia. Analis militer Ukraina, Sergey Zgurets memperkirakan, Kiev mungkin kehilangan sekitar USD 600 juta per tahun akibat penangguhan kerjasama tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)