Lagi, Chili diguncang gempa besar & disusul tsunami

Kamis, 03 April 2014 - 11:48 WIB
Lagi, Chili diguncang...
Lagi, Chili diguncang gempa besar & disusul tsunami
A A A
Sindonews.com – Setelah diguncang gempa 8,2 SR Selasa malam, dan disusul tsunami setinggi dua meter di sejumlah pantai kemarin, Chili pada Kamis (3/4/2014) WIB kembali diguncang gempa besar berkekuatan 7,6 SR.

Gempa besar terbaru itu juga disusul tsunami 2,4 kaki atau 0,7 meter. Gempa besar dan disusul tsunami itu terjadi hanya berselang beberapa jam setelah Pemerintah Chili mencabut peringatan tsunami yang diumumkan kemarin.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, gelombang tsunami setinggi 0,7 meter terjadi di lepas Chile utara, yang berdeketan dengan Peru. Laporan awal kantor berita Reuters menyatakan, belum ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa besar susulan yang disertai tsunami pada hari ini.

Dampak akibat gempa 8,2 SR dan tsunami setinggi dua meter yang terjadi di Chili kemarin, telah menghancurkan lebih dari 2.600 rumah dan kapal nelayan. Sedangkan korban jiwa akibat gempa tersebut mencapai enam orang.

Presiden Chili, Michelle Bachelet yang mengunjungi wilayah Iquique, kota terdampak gempa dan tsunami kemarin, memuji reaksi tanggap darurat yang dilakukan warganya dengan cepat.

”Kami di sini untuk mengenali perilaku tenang rakyat Iquique, yang menunjukkan tanggung jawab sipil yang besar, seperti yang dilakukan orang-orang di Arica. Saya pikir Anda telah memberi kita semua contoh yang luar biasa,” kata Bachelet.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0721 seconds (0.1#10.140)