Hawai terancam efek tsunami Chili

Rabu, 02 April 2014 - 20:40 WIB
Hawai terancam efek tsunami Chili
Hawai terancam efek tsunami Chili
A A A
Sindonews.com – Sebuah peringatan dini tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah Hawai setelah gempa berkekuatan 8,2 pada skala richter (SR) terjadi di lepas pantai Chile pada hari Selasa (1/4/2014) malam waktu setempat.

Namun, peringatan yang dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tersebut dirasa kurang tepat. Gerard Fryer, seorang ahli geofisika mengatakan, bukan gelombang tsunami yang akan melanda Hawai, tapi hanya arus yang kuat di sepanjang pantai.

"Sudah jelas kita tidak akan memberikan peringan tsunami ke Hawai. Apa yang kita benar-benar khawatir tentang adalah arus kuat," ungkap Fryer, seperti dilansir Reuters. Rabu (2/4/2014).

"Dan kadang-kadang Anda mendapatkan gelombang yang lebih besar, sehingga menyapu sampai pantai. Jika Anda tidak siap untuk itu, Anda benar-benar dalam kesulitan. Dan, jika Anda berada di air, Anda bisa terbawa gelombang tersebut," Fryer menambahkan.

Perubahan permukaan laut dan arus yang kuat dapat terjadi di sepanjang pantai Hawai, membahayakan perenang dan pelaut , serta orang-orang yang sedang berada di pantai, pelabuhan, dan teluk.

Gelombang awal dari gempa di lepas pantai Chile diperkirakan akan mencapai Hawai Rabu dini hari waktu setempat. “Kami yakin gelombang tersebut tidak akan cukup besar untuk menyebabkan banjir," ucap Fryer. Peringatan untuk Hawai akan berlangsung hingga pukul 6 atau 7 pagi waktu setempat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4704 seconds (0.1#10.140)