Upaya damai Palestina & Israel diujung tanduk

Rabu, 02 April 2014 - 16:59 WIB
Upaya damai Palestina...
Upaya damai Palestina & Israel diujung tanduk
A A A
Sindonews.com – Perundingan damai antara Palestina dan Israel terancam gagal. Hal ini diawali dengan pengumuman pihak Israel, Rabu (2/4/2014), yang akan kembali membuka pemukiman di Yahudi di Yarusalem timur,

Seperti dilansir Chanel News Asia, pengumuman itu muncul hanya beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry mengunjungi Israel untuk membahas kelanjutan pembicaraan damai tersebut.

Kerry sebenarnya dijawalkan akan kembali terbang ke Palestina dan Israel pada hari ini untuk membujuk kedua belah pihak agar mau memperpanjang masa pembicaraan damai yang akan barakhir pada 29 April mendatang. Namun, karena sudah muncul kabar Israel akan membuka pemukiman baru, maka pihak AS membatalkan kunjungan tersebut.

Sementara Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengumumkan permintaan untuk bergabung dengan beberapa badan PBB, tak lama setelah Israel mengumumkan rencana pembangunan pemukiman tersebut. Menurut kesepakatan awal pembicaraan damai, Palestina setuju untuk menahan diri bergabung dengan badan-badan PBB, selama berlangsungnya perundingan damai.

"Kami tidak bertindak melawan AS, maupun terhadap pihak lain. Ini adalah hak kami (untuk melakukannya) dan kami menerima untuk menunda menggunakannya selama sembilan bulan," ungkap Abbas terkait keputusannya untuk mengajukan keanggotaan di badan PBB lain.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)