Diguncang gempa dahsyat 8 SR, Chili waswas tsunami

Rabu, 02 April 2014 - 08:29 WIB
Diguncang gempa dahsyat...
Diguncang gempa dahsyat 8 SR, Chili waswas tsunami
A A A
Sindonews.com - Gempa bumi besar berkekuatan 8,0 pada skala richter (SR) terjadi di lepas pantai Chili. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memperingatkan gempa dahsyat itu berpotensi tsunami.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu sangat dangkal, hanya 10 km di bawah dasar laut. Gempa terjadi pagi ini WIB (2/4/2014). Lokasinya di wilayah yang berjarak sekitar 99 km sebelah barat laut dari pelabuhan pertambangan Iquique , dekat perbatasan Peru.

”Gempa sebesar ini memiliki potensi terjadinya tsunami yang bisa merusak garis pantai hanya dalam hitungan jam dan menit,” bunyi pernyataan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, seperti dikutip Reuters.

Lembaga pemantau tsunami itu meyatakan, selain Chili, wilayah pesisir Peru, Ekuador , Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua juga berisiko terkena tsunami. Potensi tsunami, lanjut pemantau itu bisa setinggu 1,92 meter dan berpotensi merusak Kota Pisagua, Chili.

Pada tahun 2010 lalu, gempa berkekuatan 8,8 SR memicu tsunami yang menyebabkan kerusakan besar di beberapa kota-kota pesisir Chili dan menewaskan ratusan orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)