Presiden Ukraina buat kesepakatan untuk akhiri krisis

Jum'at, 21 Februari 2014 - 18:52 WIB
Presiden Ukraina buat kesepakatan untuk akhiri krisis
Presiden Ukraina buat kesepakatan untuk akhiri krisis
A A A
Sindonews.com – Presiden Ukraina, Viktor Yanukovych, mengatakan, bahwa telah terjadi kesepatan untuk mengakhiri krisis yang sudah berlangsung selama tiga bulan di negaranya. Kesepakatan diambil setelah terjadinya demonstrasi bedarah yang menewaskan 61 orang.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan antara Yanukovych dengan utusan dari Jerman, Polandia, dan Perancis. "Sejumlah pihak telah setuju terhadap kesepakatan untuk menyelesaikan krisis," kata Yanukovych dalam sebuah pernyataan.

Turut hadir dalam pembicaraan itu, sejumlah utusan dari Rusia. "Penandatanganan kesepakatan diharapkan terjadi siang ini," ungkap pernyataan tersebut tanpa memberitahu rincian dari kesepakatan.

Seperti yang dilansir AFP, Jumat (21/2/2014), perjanjian itu akan membuat Ukraina kembali pada konstitusi 2004 dalam waktu 48 jam. Kondisi ini akan memberikan lebih banyak kekuatan kepada parlemen dan pemerintah, serta mengurangi kekuasaan Presiden.

Sebuah pemerintahan koalisi juga akan dibentuk dalam waktu 10 hari ke depan dan pemilihan presiden akan dilaksanakan pada Desember 2014. Hal ini sesuai dengan apa yang diinginkan oleh demonstran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3753 seconds (0.1#10.140)