Lagi, warga sipil dievakuasi dari kota Homs

Rabu, 19 Februari 2014 - 20:49 WIB
Lagi, warga sipil dievakuasi dari kota Homs
Lagi, warga sipil dievakuasi dari kota Homs
A A A
Sindonews.com – Hampir selusin warga sipil dievakuasi dari bagian yang terkepung di kota Homs, Suriah, Rabu (19/2/2014). Namun, proses evakuasi ini terpaksa dihentikan akibat tembakan yang dilepaskan kelompok bersenjata yang tak diketahui dari pihak mana.

"Operasi itu memungkinkan evakuasi dari 11 warga sipil dari Bustan al-Diwan dan Al-Hameidiya," kata Gubernur Homs, Talal Barazi, seperti dikutip dari AFP. “Tetapi operasi itu dihentikan karena orang-orang bersenjata yang melepaskan tembakan di persimpangan," lanjutnya.

Menurutnya, evakuasi ini tidak dikoordinasikan dengan PBB, tetapi sudah dikordinasikan kepada para tokoh dan ulama di wilayah itu. Sebelumnya, Barazi mengatakan kepada televisi pemerintah, bahwa sebagian besar dari mereka dievakuasi adalah perempuan, anak-anak, dan orang tua.

PBB dan Suriah Sabit Merah mulai beroperasi untuk mengevakuasi warga sipil yang terperangkap dan memberikan bantuan ke bagian yang terkepung di kota Homs pada 7 Februari silam.

Operasi ini telah memungkinkan sekitar 1.400 dari 3.000 orang yang terjebak di Homs selama lebih dari 18 bulan, untuk meninggalkan kota itu. Pengepungan yang dilakukan tentara Pemerintah Suriah telah memaksa warga untuk bertahan hidup dengan memakan buah zaitun dan tanaman liar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3458 seconds (0.1#10.140)