China akan menentang upaya kriminalisasi Pemimpin Korut

Selasa, 18 Februari 2014 - 00:54 WIB
China akan menentang...
China akan menentang upaya kriminalisasi Pemimpin Korut
A A A
Sindonews.com – China mengaku akan menentang setiap upaya PBB untuk menyeret Pemimpin Korea Utara (Korut) ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC) atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sebelumnya, dalam sebuah upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya, menurut laporan yang bocor, tiga anggota panel PBB merekomendasikan Pemimpin Korut ke ICC di Den Haag.

"Saya sendiri belum melihat laporan itu. Tapi, bagi kami, isu-isu tentang Hak Asasi Manusia harus diselesaikan melalui dialog konstruktif pada pijakan yang sama," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying kepada wartawan di Beijing.

"Menyampaikan laporan ini ke ICC tidak akan membantu mengatasi situasi HAM di satu negara," tambahnya, seperti dikutip dari Xinhua.

Selama ini, China adalah sekutu utama dan pelindung Korut. China menyediakan akses perdagangan dan bantuan yang diperlukan Korut. China melakukan hal ini karena takut bahwa runtuhnya rezim Korut bisa menyebabkan kekacauan melintasi perbatasan dan memungkinkan Amerika Serikat untuk memperkuat kehadirannya di Asia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)