Pejabat AS hina Uni Eropa, Merkel marah

Sabtu, 08 Februari 2014 - 10:26 WIB
Pejabat AS hina Uni Eropa, Merkel marah
Pejabat AS hina Uni Eropa, Merkel marah
A A A
Sindonews.com – Kanselir Jerman, Angela Merkel, marah dan mengecam seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang ketahuan menghina Uni Eropa dalam penanganan krisis politik di Ukraina.

“Ini benar-benar tidak dapat diterima,” kata Merkel, seperti dikutip BBC, Sabtu (8/2/2014). Victoria Nuland, kemarin, telah meminta maaf atas insiden penghinaan itu.

Seperti diketahui, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Eropa, Victoria Nuland, ketahuan menghina Uni Eropa setelah percakapan teleponnya dengan Duta Besar AS untuk Ukraina bocor dan disebar ke YouTube.

”Itu akan menjadi besar untuk membantu meredam (krisis) dengan bantuan PBB,” kata Nuland dalam percakapan telepon itu, yang kemudian diikuti kata hinaan terhadap Uni Eropa.

Bocoran percakapan telepon itu kemudian diunggah ke Youtube dalam bentuk video berdurasi empat menit 10 detik dengan judul “Boneka Maidan”. Video itu juga telah diterjemahkan dalam bahasa Rusia.

Sementara itu, di Kiev, Ukraina, Victoria Nuland, mengatakan dia tidak akan membuat pernyataan publik tentang masalah ini.

Juru bicara Pemerintah Jerman, Christiane Wirtz, mengatakan, Merkel sepenuhnya mendukung kerja yang dilakukan oleh Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton untuk menemukan solusi terhadap krisis di Ukraina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)