Blokade kota Homs dibuka

Jum'at, 07 Februari 2014 - 03:03 WIB
Blokade kota Homs dibuka
Blokade kota Homs dibuka
A A A
Sindonews.com – Pihak-pihak yang bertikai di Suriah dan PBB telah mencapai kesepakatan soal pembukaan blokade kota Homs, Kamis (6/2/2014). Kesepakatan ini dicapai satu pekan setelah berlangsungnya pembicaraan damai Suriah, Konferensi Jenewa II.

Pembukaan blokade ini memungkinkan sekitar 2.500 warga sipil yang terjebak di Homs untuk keluar dari kota tua itu. Selain evakuasi warga, berakhirnya pengepungan yang dilakukan tentara Pemerintah Suriah atas Homs juga membuat arus bantuan bisa memasuki kota itu.

"Gubernur Homs, Talal al-Barazi dan koordinator PBB Yaacoub El Hillo telah mencapai kesepakatan untuk mengamankan pintu keluar warga sipil tak berdosa dari kota tua (Homs) dan pintu masuk bantuan kemanusiaan bagi warga sipil yang memilih untuk tinggal," sebut laporan kantor berita SANA.

"Perjanjian ini akan memungkinkan warga sipil tak berdosa di lingkungan Homs, dimana banyak di antara mereka wanita dan anak-anak, yang terluka, dan orang tua, kesempatan untuk secepatnya meninggalkan Homs,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Suriah.

"Ini juga akan memungkinkan bantuan bagi warga sipil yang memilih untuk tinggal di dalam kota tua," lanjut pernyataan itu.

PBB sendiri mengaku siap untuk segera mendistribusikan bantuan ke Homs. "PBB dan mitra kemanusiaan telah menyiapkan makanan, kebutuhan dasar medis, dan lainnya di pinggiran Homs. Kami siap untuk pengiriman segera, setelah lampu hijau diberikan oleh para pihak-pihak untuk perjalanan yang aman," kata juru bicara PBB, Farhan Haq.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6777 seconds (0.1#10.140)