Snowden: Kanada memata-matai turis bandara

Sabtu, 01 Februari 2014 - 09:29 WIB
Snowden: Kanada memata-matai turis bandara
Snowden: Kanada memata-matai turis bandara
A A A
Sindonews.com - Agen mata-mata elektronik Kanada (ESKA) mengumpulkan data dari pelancong yang melewati bandara utama di negara itu. Demikian bocoran terbaru dari bekas kontraktor National Security Agnecy (NSA), Edward Joseph Snowden.

Bocoran Snowden itu dirilis kantor penyiaran Kanada(CBC). ESKA, menurut bocoran Snowden, mengumpulkan informasi turis bandara yang diambil dari perangkat nirkabel, yakni wi-fi, sehingga para turis tersebut tidak curiga.

Aksi memata-matai turis bandara itu berlangsung selama dua minggu. Misi utama ESKA, lanjut bocoran Snowden, adalah mengumpulkan data terutama intelijen asing dengan cara menyadap telepon dan lalu lintas internet di luar negeri.

Sementara itu, ESKA dalam sebuah pernyataan kepada CBC semalam, menegaskan bahwa tindakan mengumpulkan data warga asing itu untuk melindungi Kanada.”ESKA secara hukum berwenang untuk mengumpulkan dan menganalisis metadata,” bunyi pernyataan ESKA.

Data yang disadap ESKA tersebut kemudian dibagi dan dikembangkan bersama NSA. Beberapa bandara yang diincar ESKA untuk memata-matai warga asing di antaranya, bandara Vancouver,Toronto, dan Boingo yang diketahui menyediakan layanan wi-fi.

Sedangkan beberapa bandara lain membantah terlibat dalam aksi penyadapan ESKA.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4949 seconds (0.1#10.140)