Konferensi Jenewa II maju selangkah

Kamis, 30 Januari 2014 - 01:00 WIB
Konferensi Jenewa II maju selangkah
Konferensi Jenewa II maju selangkah
A A A
Sindonews.com – Oposisi Suriah mengatakan pada Rabu (29/1/2014), bahwa perundingan damai Konferensi Jenewa II mengalami kemajuan. Sebelumnya, empat hari pertama konferensi yang digelar di Jenewa itu dilaporkan mengalami kebuntuan.

"Hari ini kita mengalami langkah maju yang positif, karena untuk pertama kalinya kita berbicara tentang badan transisi untuk mengakhiri kediktatoran dan mengakhiri pertempuran dan penderitaan di Suriah," kata juru bicara delegasi oposisi, Louay Safi, seperti dikutip dari AFP.

Menurut Safi, ia berharap untuk mencapai kemajuan yang lebih dalam beberapa hari mendatang. “Kami belum benar-benar membahas secara detail. Tapi, telah ada kerangka umum untuk diskusi tentang badan transisi,” jelasnya.

Delegasi rezim Suriah juga mengatakan adanya kemajuan “positif" dalam Konferensi Jenewa II. Pembentukan badan transisi adalah hasil keputusan komunike Jenewa I yang berlangsung pada 2012 silam.

Anggota delegasi rezim Suriah, Buthaina Shaaban, menegaskan, bahwa pembicaraan mengenai komunike Jenewa telah dimulai. Namun, ia mengatakan, bahwa item pertama yang harus dibahas adalah menghentikan kekerasan yang kini telah berubah menjadi aksi terorisme.

"Sebenarnya, pembicaraan hari ini telah menyentuh hal positif, karena mereka berbicara tentang terorisme, mereka berbicara tentang Jenewa I," kata Shaaban. Sebelumnya, rezim Suriah telah menuduh oposisi didukung oleh kaum terorisme yang terkait dengan al-Qaeda.

"Satu-satunya perbedaan antara kami dan mereka, yang merupakan perbedaan besar, adalah kita ingin membahas Jenewa I dengan dimulai dari item pertama. Tapi, mereka ingin melompat ke item yang berbicara tentang pemerintahan transisi. Mereka (oposisi) hanya tertarik berada di pemerintahan. Sementara apa yang menjadi perhatian kita adalah untuk menghentikan perang yang mengerikan ini,” tegasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)