Biden sempat bujuk Abe agar tak kunjungi Yasukuni

Rabu, 29 Januari 2014 - 16:51 WIB
Biden sempat bujuk Abe...
Biden sempat bujuk Abe agar tak kunjungi Yasukuni
A A A
Sindonews.com – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dilaporkan menghabiskan waktu satu jam untuk mencoba membujuk Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe untuk tidak mengunjungi Kuil Yasukuni yang kontroversial.

Seperti dilaporkan Kyodo News, Rabu (29/1/2014), Biden menelepon Abe pada 12 Desember lalu, dua pekan sebelum PM Jepang melakukan ziarah ke Kuil Yasukuni yang kembali memicu kemarahan sejumlah negara di kawasan Asia.

Menurut Kyodo News yang mengutip sumber-sumber diplomatik yang tak disebutkan namanya, dalam percakapan telepon itu Biden berulangkali mendesak Abe untuk membatalkan rencana kunjungan ke Yasukuni.

"Saya akan memutuskan sendiri apakah saya akan pergi," kata Abe dalam percakapan telepon yang dilaporkan berlangsung tegang itu. Biden akhirnya menyerah dan menyerahkan keputusan di tangan Abe.

Abe akhirnya melakukan kunjungan ke Yasukuni pada 26 Desember dan langsung memicu kecaman dari China dan Korea Selatan. Kuil Yasukuni dibangun untuk menghormati 2,5 juta korban perang di pihak Jepang, termasuk sejumlah tokoh yang dianggap sebagai penjahat perang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)