Iran: Lokasi perundingan nuklir terbaru belum dipastikan

Selasa, 28 Januari 2014 - 23:30 WIB
Iran: Lokasi perundingan nuklir terbaru belum dipastikan
Iran: Lokasi perundingan nuklir terbaru belum dipastikan
A A A
Sindonews.com – Lokasi untuk putaran baru perundingan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia yang tergabung dalam kelompok P5+1 (Amerika Serikat, Rusia, China, Perancis, Inggris, dan Jerman), belum final.

"Ini belum selesai. Pengumuman akan dilakukan tentang waktu yang tepat dan tempat pembicaraan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afkham, di Teheran, Selasa (28/1/2014), seperti dikutip dari IRNA.

Pernyataan senada juga dilontarkan Kepala Perunding Nuklir Iran, Abbas Araqchi. Ia mengatakan, kesepakatan soal waktu dan tempat putaran berikutnya untuk perundingan nuklir antara Iran dan P5+1 belum ditentukan.

Satu hari sebelumnya, Amerika Serikat (AS) menyatakan, bahwa putaran baru perundingan nuklir Iran akan dihelat di New York. Demikian diungkapkan juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, Senin (27/1/2014).

"Ini adalah pemahaman kita, bahwa pembicaraan akan berlangsung di New York pada pertengahan Februari, dengan tanggal pasti yang masih dikonfirmasi. Tetapi, pembicaraan ini akan terlaksana di sekitar jangka waktu tersebut," kata Psaki.

Psaki menegaskan, bahwa Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton telah sepakat untuk mengadakan putaran pembicaraan berikutnya di New York, dan bukan di Jenewa, di mana negosiasi telah dilaksanakan sejauh ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5682 seconds (0.1#10.140)