Militer Filipina tewaskan 17 militan Muslim

Selasa, 28 Januari 2014 - 22:27 WIB
Militer Filipina tewaskan 17 militan Muslim
Militer Filipina tewaskan 17 militan Muslim
A A A
Sindonews.com – Pasca tercapainya kesepakatan damai antara Pemerintah Filipina dengan kelompok pemberontak Muslim terbesar di negara itu, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), militer Filipina melancarkan serangan ke basis kelompok pemberontak Muslim lainnya, Pejuang Kebebasan Islam Bangsamoro (BIFF).

Seperti dilaporkan Reuters, Selasa (28/1/2014), pertempuran terbaru meletus di Provinsi Maguindanao pada awal pekan ini ketika militer berusaha untuk menangkap anggota BIFF atas tuduhan penculikan dan pembunuhan.

“Pasukan pemerintah mengepung pemberontak dan bertempur dengan mereka pada Selasa, saat mereka berusaha melarikan diri,” kata Letnan Kolonel Ramon Zagala, Kepala juru bicara militer Filipina.

"Kami memiliki pasukan yang cukup untuk dapat menangani sekitar 300 pasukan BIFF," lanjutnya. Tentara Filipina telah menemukan mayat dua pemberontak. Berdasarkan informasi dari aparat desa dan personil militer di lapangan, ditemukan pula jenazah 15 pemberontak.

Menurut seorang analis, pertempuran antara militer Filipina dengan BIFF tak akan menggagalkan proses perdamaian dengan MILF, tetapi bisa memperlambatnya. "Laju proses perdamaian mungkin akan terkena dampak," kata Julkipli Wadi, Dekan Institut Studi Islam Universitas Filipina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6050 seconds (0.1#10.140)