Musuh Yingluck janji tak halangi peserta pemilu

Sabtu, 25 Januari 2014 - 14:39 WIB
Musuh Yingluck janji tak halangi peserta pemilu
Musuh Yingluck janji tak halangi peserta pemilu
A A A
Sindonews.com – Pemilu Thailand sudah diputuskan digelar mulai 2 Februari 2014, pekan depan. Demonstran anti-pemerintah yang ingin menggulingkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra berjanji untuk tidak menghalangi warga untuk menggunakan hak pilihnya.

Janji itu disampaikan pemimpin demonstran pro-oposisi Suthep Thaugsuban, Sabtu (25/1/2014). Meski tidak akan menghalangi warga untuk ikut pemilu, dia menyerukan masa pro-oposisi untuk membujuk warga di luar tempat pemungutan suara (TPS) untuk melakukan reformasi di Thailand.

Pemerintah Thailand sendiri telah menetapkan status darurat hingga 60 hari ke depan, sejak kekerasan mulai muncul di Bangkok. Selama ini, oposisi Thailand menolak opsi pemilu dini sebelum dibentuk “Dewan Rakyat” yang bertugas menjalankan negara sampai sistem politik berubah. Dewan itu pula yang diusulkan untuk mengawasi jalannya pemilu.

Oposisi tetap menghendaki Yingluck lengser, dengan alasan pemerintahan Yingluck hanya “boneka” dari kakaknya, Thaksin Shinawatra (mantan Perdana Menteri Thailand) yang kini hidup di pengasingan. Thaksin yang digulingkan militer menolak diadili atas tuduhan korupsi, dan memilih hidup di pengasingan.

Suthep mengatakan,meskipun para pengikutnya tidak akan mengganggu proses pemungutan suara, mereka akan membujuk para calon pemilih di luar 50 TPS yang ada di Bangkok. ”Kami akan membujuk orang untuk bersama-sama mereformasi Thailand, bukannya menggunakan hak pilihnya,” ujarnya seperti dilansir Bangkok Post.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6360 seconds (0.1#10.140)