Presiden Korsel usulkan reuni keluarga yang terpisah

Selasa, 07 Januari 2014 - 03:56 WIB
Presiden Korsel usulkan reuni keluarga yang terpisah
Presiden Korsel usulkan reuni keluarga yang terpisah
A A A
Sindonews.com – Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, pada Senin (6/1/2014) menyerukan untuk memulai kembali reuni keluarga yang terpisah sejak Perang Korea. Menurutnya, program reuni akan memberikan momentum baru untuk meningkatkan hubungan dengan Korea Utara (Korut).

Jika terwujud, ini akan menjadi reuni massal pertama dalam tiga tahun terakhir. Pada September 2013 lalu, reuni keluarga ini hampir terwujud. Sayangnya Korut secara sepihak membatalkan acara yang banyak dinanti keluarga-keluarga yang terpisah akibat perang Korea ini.

"Saya berharap, bahwa anggota tua keluarga yang terpisah akan diizinkan untuk menyatukan kembali pada sekitar Tahun Baru Imlek (31 Januari) untuk membantu menyembuhkan luka di dalam hati mereka,” kata Geun-hye, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam konferensi pers Tahun Baru, Geun-hye juga berjanji meningkatkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Korea Utara (Korut) yang miskin. Dia mengumumkan, bahwa Selatan akan meningkatkan bantuan kemanusiaan dan memperluas pertukaran dengan Korut, namun ia tidak memberikan angka pasti.

Tahun lalu, Korsel mengucurkan bantuan senilai USD12,7 juta melalui UNICEF bagi warga Korut yang hidup miskin di bawah rezim komunis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7866 seconds (0.1#10.140)