Militer Thailand bantah rumor kudeta

Senin, 06 Januari 2014 - 22:10 WIB
Militer Thailand bantah rumor kudeta
Militer Thailand bantah rumor kudeta
A A A
Sindonews.com – Militer Thailand pada Senin (6/1/2014), menepis rumor yang menyatakan militer akan melancarkan sebuah kudeta untuk menggulingkan pemerintah sementara.

Rumor ini merebak menyusul adanya pergerakan yang tak biasa dari personel dan tank militer di pinggiran kota Bangkok. Namun, pihak militer menyebut, pergerakan itu bukan dimaksudkan untuk kudeta.

Komandan Divisi Infanteri Pertama, Mayor Jenderal Varah Boonyasit, mengatakan, bahwa 12 batalyon pasukan, tank, kendaraan militer, dan amunisi diangkut ke markas besar Resimen Infanteri ke-11 di Bangkok untuk bersiap-siap untuk parade di dalam barak yang dijadwalkan pada 18 Januari, bertepatan dengan hari Angkatan Bersenjata Thailand.

“Tentara dan tank yang bersiap untuk bergabung dalam parade tahunan berasal dari Divisi II Infanteri di Provinsi Prachinburi, Resimen Infanteri 31 di Provinsi Lopburi, Resimen Infanteri 21 di Provinsi Chonburi dan Kavaleri Center di Provinsi Saraburi,” jelas Varah.

"Parade tahun ini akan menampilkan kendaraan militer, selain pasukan. Kegiatan seperti ini bukanlah persiapan untuk kudeta militer. Anggota masyarakat tidak perlu takut," kata Varah, seperti dikutip dari Xinhua.

Saat ini situasi di Bangkok memang memanas. Demonstran anti pemerintah telah memulai aksi awal untuk menduduki kota Bangkok demi melengserkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5791 seconds (0.1#10.140)