Respon Eropa pada pengungsi Suriah menyedihkan

Jum'at, 13 Desember 2013 - 12:48 WIB
Respon Eropa pada pengungsi...
Respon Eropa pada pengungsi Suriah menyedihkan
A A A
Sindonews.com – Kelompok Amnesty Internasional mengatakan, para pemimpin Eropa harus menundukkan kepala mereka dan malu atas perlakuan mereka terhadap para pengungsi Suriah.

Dalam sebuah briefing bertajuk ”Krisis pengungsi Suriah, kegagalan internasional”, kelompok itu mengatakan, bahwa negara-negara Uni Eropa (UE) hanya menawarkan sekitar 12 ribu tempat untuk pengungsi Suriah. Padahal,Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi minta disediakan 30 ribu tempat.

”Uni Eropa telah gagal total memainkan perannya untuk menyediakan tempat yang aman bagi para pengungsi Suriah yang telah kehilangan semua rumah,” kata Sekretaris Jenderal Amnesty Internasional, Salil Shetty, seperti dikutip AFP, Jumat (13/12/2013).

”Respon negara-negara itu untuk memukimkan mereka, benar-benar menyedihkan,” katanya lagi.Dia menyerukan kepada para pemimpin Uni Eropa untuk membuka perbatasan mereka dan menyediakan perjalanan yang aman bagi pengungsi Suriah untuk mencari perlindungan.

Dalam briefing itu, Amnesty mengungkap, bahwa hanya 10 negara anggota Uni Eropa yang menawarkan permukiman bagi pengungsi Suriah. Dari 12.000 tempat yang ditawarkan , 10 ribu tempat diberikan oleh Jerman. Sedangkan Perancis menawarkan 500 tempat dan Spanyol 30 tempat.

Sedangkan 18 negara anggota Uni Eropa, termasuk Inggris dan Italia, menyatakan tidak ada tempat untuk pengungsi Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8861 seconds (0.1#10.140)