Hollande: Afrika harus memastikan keamanan sendiri

Sabtu, 07 Desember 2013 - 23:51 WIB
Hollande: Afrika harus memastikan keamanan sendiri
Hollande: Afrika harus memastikan keamanan sendiri
A A A
Sindonews.com – Presiden Perancis, Francois Hollande, mengatakan, stabilisasi di Afrika tergantung pada para pemimpin Afrika dalam menjamin keamanan masyarakat di benua itu. Hal itu diungkapkan Hollande dalam KTT Perdamaian dan Keamanan Afrika.

"Sebuah era baru dimulai, di mana Afrika harus memantau dengan sendirinya takdir dan untuk melakukannya, Afrika harus memastikan dengan sendirinya keamanannya," kata Hollande, Jumat (6/12/2013).

Hollande menunjuk keharusan untuk mempersiapkan pasukan Afrika guna memungkinkan mereka menghadapi semua ancaman terorisme, narkoba, perdagangan manusia, dan senjata secara ilegal, serta pembajakan.

Dengan tujuan ini, Hollande mengusulkan kemitraan militer baru, di mana prioritasnya terdiri dari pelatihan pasukan Afrika. Hollande juga menawarkan mereka peralatan penting dan intelijen dalam upaya untuk melindungi warga sipil Afrika.

"Perancis siap mendukung gaya ini dengan menyediakan perwira militer dan pelatihan 20 ribu tentara Afrika per tahun," katanya. Namun, Hollande menolak, bila Perancis harus menjadi “polisi Afrika”.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6348 seconds (0.1#10.140)