Al-Qaeda klaim serangan mematikan di Kirkuk

Kamis, 05 Desember 2013 - 23:29 WIB
Al-Qaeda klaim serangan...
Al-Qaeda klaim serangan mematikan di Kirkuk
A A A
Sindonews.com – Al-Qaeda Irak mengkalim bertanggung jawab atas serangan mematikan di markas polisi dan pusat perbelanjaan di kota kaya minyak, Kirkuk, Irak, Kamis (5/12/2013). Klaim ini dilontarkan al-Qaeda Irak dalam sebuah pernyataan online.

"Seorang pembom bunuh diri meledakkan truk berisi bahan peledak itu di pintu gerbang markas polisi dan membuka jalan bagi saudara-saudaranya. Lalu, tiga penyerang menyerbu markas dan mulai melepaskan tembakan dengan senapan serbu dan granat tangan,” sebut pernyataan itu, seperti dikutip dari Xinhua.

“Sementara itu, dua pelaku bom bunuh diri lainnya menyerbu mal Jawahir dan terus mengecam pasukan keamanan sampai tengah malam, ketika mereka meledakkan rompi peledak mereka pada tentara yang berusaha masuk mal,” lanjut pernyataan itu.

Pernyataan itu juga menjelaskan, bahwa orang-orang bersenjata meledakkan 14 bom di pinggir jalan di berbagai wilayah Kirkuk, yang terletak sekitar 250 km utara Baghdad. Aksi ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah pasukan Pemerintah Irak mencapai lokasi serangan.
Sementara sumber polisi dan petugas medis mengatakan, bahwa 10 orang tewas dan 75 terluka akibat serangan di markas polisi dan pusat perbelanjaan ini.

"Laporan dari rumah sakit Kirkuk mengatakan, bahwa mereka telah menerima 10 mayat anggota keamanan dan warga sipil. Selain itu, 75 orang dirawat untuk pengobatan, banyak yang berada dalam kondisi kritis," kata seorang sumber dari kantor kesehatan Kirkuk pada Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)