Jajaki hubungan diplomatik, utusan Inggris kunjungi Iran

Senin, 02 Desember 2013 - 20:31 WIB
Jajaki hubungan diplomatik, utusan Inggris kunjungi Iran
Jajaki hubungan diplomatik, utusan Inggris kunjungi Iran
A A A
Sindonews.com - Utusan baru Inggris untuk Iran melakukan kunjungan ke Tehran, Selasa (2/12/2013). Kunjungan itu merupakan yang pertama sejak Iran dan Inggris mencarikan hubungan setelah dua tahun memutuskan hubungan bilateral.

Hassan Habibollah-Zadeh, Diplomat Iran mengatakan kepada IRNA, kantor berita Iran, setelah kunjungan tersebut dirinya akan melakukan kunjungan balasan ke London, sebagai cerminan peningkatan hubungan bilateral.

"Sebagai langkah awal, perwakilan diplomatik non residen, Ajay Sharma tiba di Tehran bersama sejumlah delegasi untuk mengunjungi gedung diplomatik Inggirs dan mengadakan pembicaraan dengan sejumlah pejabat Kemenetrian Luar Negeri," ungkap Zadeh.

"Setelah ini, saya akan melakukan kunjungan bersama sejumlah perwakilan diplomatik ke London untuk meninjau kunjungan diplomatik Iran disana, serta meningkatkan pelayanan konsuler dan mengadakan pembicaraan dengan sejumlah pejabat Inggris," imbuh Zadeh.

Kesepakatan untuk saling menunjuk utusan diplomatik non residen datang setelah Menteri Luar Negeri Inggris William Hague bertemu sebanyak dua kali dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York bulan lalu. Keduanya juga sempat melakukan percakapan lewat telepon sepekan yang lalu.

Seperti diketahui, Inggris memutuskan hubungan bilateral dengan Iran ditandai dengan penutupan kedutaan Iran di London pada November 2011 lalu setelah sejumlah mahasiswa Iran mengobrak- abrik gedung kedutaan Inggris di utara tehran. Serangan itu merupakan bentuk protes atas sanksi yang ditetapkan oleh Barat untuk menekan pengembangan program nuklir Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2987 seconds (0.1#10.140)