Korban tewas topan Haiyan di Filipina menyentuh angka 5.209

Jum'at, 22 November 2013 - 23:03 WIB
Korban tewas topan Haiyan di Filipina menyentuh angka 5.209
Korban tewas topan Haiyan di Filipina menyentuh angka 5.209
A A A
Sindonews.com – Jumlah korban tewas akibat topan Haiyan atau yang dikenal dengan nama Yolanda di Filipina tengah, melonjak mencapai 5.209 jiwa. Sementara 1.602 orang masih dinyatakan hilang. Demikian dijelaskan oleh seorang pejabat dari Bencana Nasional dan Dewan Manajemen Pengurangan Risiko Filipina, Jumat (22/11/2013).

Sementara itu, sejumlah pihak terus menyalurkan bantuan pada Filipina. Dalam sebuah pernyataan, Bank Dunia mengatakan, proses penyaluran dana bantuan USD500 juta itu sedang diselesaikan untuk mendukung rekonstruksi, setelah badai dahsyat menghancurkan sejumlah wilayah di Filipina.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya untuk memulihkan dan membangun kembali dan untuk membantu para warga Filipina memperkuat ketahanan mereka terhadap peristiwa cuaca ekstrem," kata Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Sikap serupa ditunjukkan ADB, yang pada pekan lalu mengatakan siap untuk memberikan pinjaman darurat senilai USD500 juta. "Kami bekerja sama erat dengan pemerintah dan semua lembaga internasional lainnya untuk memberikan harapan dan membangun kembali kehidupan bagi lebih dari 11 juta orang yang dipengaruhi oleh apa yang digambarkan sebagai salah satu bencana alam terburuk yang pernah melanda Filipina," kata Presiden ADB, Takehiko Nakao.

Sementara bantuan dari Organisasi Anak-anak PBB (UNICEF) telah tersalurkan pada anak-anak korban super topan Haiyan di Tacloban, Ormac dan Roxas, daerah yang paling parah terkena dampak bencana.

"Kami sudah menyalurkan 2.500 perlengkapan sanitasi untuk keluarga dan anak-anak mereka. Dalam situasi seperti ini, kebersihan sangat penting untuk mengurangi risiko kesehatan yang dihadapi anak-anak,” ungkap Kearney.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)