Kerja sama bilateral RI-Seychelles akan ditingkatkan

Jum'at, 22 November 2013 - 20:57 WIB
Kerja sama bilateral RI-Seychelles akan ditingkatkan
Kerja sama bilateral RI-Seychelles akan ditingkatkan
A A A
Sindonews.com - Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Seychelles akan ditingkatkan. Menlu RI. R.M Marty M. Natalegawa mengatakan, peningkatan kerja sama ini menjadi fokus bahasan dalam kunjungan Menlu Seychelles, Y.MJean Paul Adam ke Indonesia, Jumat (22/11/2013).

“Kami telah membahas upaya peningkatan kerja sama bilateral antara kedua negara dan kerja sama dalam kerangka Asosiasi Lingkar Samudera Hindia (IORA)” ujar Marty di Kementerian Luar Negeri RI.

Marty mengungkapkan, fokus pertemuan itu adalah sejumlah upaya peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata dan kelautan. Di bidang perdagangan, keduanya membahas upaya peningkatkan perdagangan langsung antara RI- Seychelles melalui peningkatan konektifitas, baik laut maupun udara.

Secara khusus Kedua Menlu membahas upaya bersama untuk meningkatkan peran Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di kedua negara. “Khusus mengenai produk UMKM, Indonesia telah menetapkan Seychelles sebagai pintu masuk untuk pasar di negara Afrika lainnya” ujar Marty.

Marty melanjutkan, RI- Seychelles juga sepakat untuk mengembangkan kerja sama mengenai isublue economy, yang merupakan salah satu gagasan Pemerintah Indonesia di forum-forum global.

Dikatakannya, kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Seychelles kuat dan terus berkembang. Di bidang investasi pada tahun 2012, Seychelles menempati peringkat ke-2 dari investasi negara-negara kawasan Afrika Sub Sahara dan peringkat ke-16 dari seluruh investasi asing di Indonesia.

Dalam kunjungan diplomatik kali ini, Adam juga akan menghadiri pertemuan the 6th Meeting of the Global Forum on Transparency and Exchange of Information for Tax Purposes yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan.

RI - Seychelles menjalin hubungan diplomatik sejak 16 Desember 1985 dan selama ini hubungan bilateral kedua negara berlangsung dengan baik dan bersahabat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3625 seconds (0.1#10.140)