Di India, gadis 8 tahun ceraikan suami 14 tahun

Rabu, 20 November 2013 - 12:49 WIB
Di India, gadis 8 tahun...
Di India, gadis 8 tahun ceraikan suami 14 tahun
A A A
Sindonews.com - Fatima Mangre menikah dengan Arjun Bakridi ketika dia berusia empat tahun. Empat tahun kemudian, ayah Fatima menyadari kesalahan dan minta anaknya bercerai dengan suaminya yang kini berusia 14 tahun.

Kasus perceraian itu, menempatkan Fatima sebagai perempuan termuda yang pernah bercerai di India. Fatima, yang berasal dari Distrik Shravasti, Negara Bagian Uttar Pradesh, dinikahkan oleh ayahnya dengan Arjun Bakridi yang kala itu masih berusia 10 tahun.

Empat tahun kemudian, ayah Fatima minta agar pengantin anak itu berpisah, dan Arjun bisa menunggu Fatima sampai ia berusia 18 tahun. ”Saya akhirnya menyadari bahwa praktek menikahkan anak perempuan begitu muda adalah salah, dan dia harus menikmati masa kanak-kanaknya. Itu adalah tugas saya untuk memfasilitasinya,” kata ayah Fatima yang diidentifikasi dengan nama Anil, kemarin, seperti dikutip Daily Mail.

Masalah muncul kemudian, setelah ayah Arjun yang diidentifikasi dengan nama Dipak, tidak senang dengan keputusan tersebut. Kedua ayah itu dari pengantin anak itu berdebat, ketika Fatima diminta mengajukan gugatan cerai.

Pemerintah Negara Bagian Uttar Pradesh telah menyerukan penyelidikan atas insiden yang terjadi pekan lalu di Desa Nakhi, Distrik Shravasti itu. Penyelidikan dilakukan, setelah anggota Komisi Nasional untuk Perempuan yang bebasis di New Delhi (NCW) Nirmala Samant mengirim surat atas praktik pengantin anak itu.

”Ini adalah skandal, kita perlu rincian lebih lanjut sebelum mengambil tindakan. Ayah gadis itu harus menjawab mengapa ia menikahkannya pada usia empat tahun dan ayah anak itu harus menjawab mengapa dia setuju untuk menikah seperti itu,” kata Nirmala. ”Ini sensitif, dan kontroversial.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)