Filipina dapat bantuan USD1 miliar untuk rekonstruksi topan Haiyan

Senin, 18 November 2013 - 23:32 WIB
Filipina dapat bantuan USD1 miliar untuk rekonstruksi topan Haiyan
Filipina dapat bantuan USD1 miliar untuk rekonstruksi topan Haiyan
A A A
Sindonews.com – Filipina telah mendapatkan pinjaman sebesar USD1 miliar untuk membantu membangun kembali daerah-daerah yang hancur akibat dilanda topan super Haiyan. Bantuan ini dikucurkan Bank Dunia dan Asian Development Bank (ADB), Senin (18/11/2013).

Dalam sebuah pernyataan, Bank Dunia mengatakan, proses penyaluran dana bantuan USD500 juta itu sedang diselesaikan untuk mendukung rekonstruksi, setelah badai dahsyat menghancurkan sejumlah wilayah di Filipina.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya untuk memulihkan dan membangun kembali dan untuk membantu para warga Filipina memperkuat ketahanan mereka terhadap peristiwa cuaca ekstrem," kata Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Sikap serupa ditunjukkan ADB, yang pada pekan lalu mengatakan siap untuk memberikan pinjaman darurat senilai USD500 juta. "Kami bekerja sama erat dengan pemerintah dan semua lembaga internasional lainnya untuk memberikan harapan dan membangun kembali kehidupan bagi lebih dari 11 juta orang yang dipengaruhi oleh apa yang digambarkan sebagai salah satu bencana alam terburuk yang pernah melanda Filipina," kata Presiden ADB, Takehiko Nakao.

Dua pekan lalu, ribuan orang tewas ketika topan Haiyan melanda Filipina dan merusak puluhan ribu rumah, serta bangunan. Akibat bencana ini, dilaporkan empat juta orang mengungsi. Perkiraan awal para analis, kerugian akibat topan ini menyentuh angka USD14 miliar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6348 seconds (0.1#10.140)