Demo ricuh di Kamboja, perempuan ditembak mati

Selasa, 12 November 2013 - 14:45 WIB
Demo ricuh di Kamboja, perempuan ditembak mati
Demo ricuh di Kamboja, perempuan ditembak mati
A A A
Sindonews.com - Seorang perempuan ditembak mati, dan beberapa lainnya terluka saat para demonstran bentrok dengan polisi anti-huru hara di Ibukota Kamboja, Selasa (12/11/2013).

Para demonstran adalah buh garmen yang menuntut kelayakan kerja yang lebih baik. Bentrokan terjadi, ketika para buruh berbaris menuju rumah Perdana Menteri Hun Sen di Phonm Penh untuk menyampaikan tuntutan mereka.

”Ini adalah tindakan keras yang kejam oleh pemerintah,” sebut Am Sam Ath, aktivis lokal dari kelompok Lichado, di sebuah rumah sakit kota, di mana para demonstran yang terluka dirawat. Dia mengatakan, lima orang mengalami luka tembak dalam insiden itu.

Pihak berwenang sebelumnya mengatakan, bahwa pasukan keamanan telah menggunakan meriam air, untuk menghalau ulah para demonstran yang melempari batu dan membakar kendaraan polisi. Mereka belum mengkonfirmasi soal keraguan para aktivis terkait klaim polisi yang hanya menggunakan peluru karet dan gas air mata.

Korban tewas diketahui bernama Eng Sokhom, 49. ”Ibu saya ditembak di dada saat dia menjual nasi di pinggir jalan,” kata putri korban, Vong Voleak, kepada AFP.

Ratusan polisi anti-huru hara, yang kebanyakan bersenjata tongkat dan perisai, siaga di jalan-jalan ibukota, yang dipenuhi batu dan tabung gas air mata, setelah para demonstran membubarkan diri.

Serikat pekerja mengatakan, kekerasan meletus ketika polisi anti-huru hara mengadang lebih dari 1.000 pekerja dari SL Garment, milik Singapura.

”Kami pergi ke rumah perdana menteri untuk mencari dukungan agar dia melakukan intervensi guna meningkatkan kondisi kerja yang lebih di pabrik. Tapi pemerintah menggunakan senjata untuk menindak mereka,” kata Kong Athit , Wakil Pemimpin Pekerja Garmen dari Koalisi Uni Demokratik Kamboja, yang mengorganisir massa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6418 seconds (0.1#10.140)
pixels