PBB: Bersiap hadapi yang terburuk akibat topan di Filipina

Selasa, 12 November 2013 - 04:14 WIB
PBB: Bersiap hadapi yang terburuk akibat topan di Filipina
PBB: Bersiap hadapi yang terburuk akibat topan di Filipina
A A A
Sindonews.com – PBB menyatakan, bahwa pihaknya memperkirakan kemungkinan "terburuk" akibat bencana topan Haiyan yang melanda Filipina. PBB mendesak untuk segera melakukan operasi penyelamatan lebih luas pada Selasa (12/11/2013).

PBB memperingatkan pada Senin (11/11/2013), bahwa jumlah korban tewas akan meningkat dengan cepat. "Kita tentu harus bersiap menghadapi yang terburuk. Ketika kita mendapatkan lebih banyak akses, kita menemukan semakin banyak orang tewas akibat badai ini," kata seorang pejabat kemanusiaan PBB, John Ging.

Ia tidak mampu memberikan jumlah keseluruhan estimasi bencana. Menurutnya, PBB memperkirakan 10 ribu orang telah tewas akibat topan Haiyan ini.

Sementara Kepala Kemanusiaan PBB, Valerie Amos, mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa pejabat setempat memperkirakan sekitar 10 orang tewas di satu kota saja, yang mengacu ke Tacloban, ibukota provinsi Leyte.

Pemerintah Manila sendiri telah mengumumkan keadaan darurat nasional. Marinir Amerika Serikat telah bergabung dalam upaya untuk menemukan dan membantu korban kelaparan, distribusi bantuan ke kota-kota yang tertimpa bencana, dan mencari korban hilang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4726 seconds (0.1#10.140)