Merkel: Suaka ke Snowden jangan rusak hubungan AS-Jerman

Selasa, 05 November 2013 - 13:53 WIB
Merkel: Suaka ke Snowden jangan rusak hubungan AS-Jerman
Merkel: Suaka ke Snowden jangan rusak hubungan AS-Jerman
A A A
Sindonews.com – DPR Jerman tengah berdebat soal wacana agar Jerman memberikan suaka untuk whistleblower NSA, Edward Snowden. Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan wacana suaka untuk Snowden itu jangan sampai merusak hubungan Amerika Serikat dan Jerman.

Para politisi Jerman mendesak pemerintah untuk memberikan suaka kepada Snowden. Sebagai kompensasinya, Snowden diminta bersaksi soal dugaan National Security Agency (NSA) menyadap ponsel Merkel.

”Kanselir percaya dia memiliki kewajiban untuk melindungi data dan privasi warga Jerman dari pemantauan ilegal dan dia bekerja untuk membangun kembali kepercayaan dengan AS dan menempatkan aturan yang jelas untuk kerjasama di masa depan,” kata juru bicara Merkel, Steffen Seibert, seperti dikutip Xinhua, Selasa (5/11/2013).

Komentar dari juru bicara Merkel itu muncul, seiring semakin kerasnya desakan oposisi Jerman, agar pemerintah memberikan suaka kepada bekas kontraktor NSA yang jadi buronan aparat AS itu.

Para politisi oposisi termasuk Ketua Partai Kiri, Ketua Bernd Riexinger dan mantan kandidat utama Pemimpin Partai Green, Juergen Trittin menuntut agar pemerintah memberikan suaka untuk Snowden.

Menteri Dalam Negeri Jerman, Hans-Peter Friedrich, juga mengatakan pekan lalu, bahwa pemerintah bersedia untuk berbicara dengan Snowden, untuk mengungkap apa yang sebenarnya dilakukan NSA terhadap Kanselir Jerman.

Sebelumnya para negara sekutu AS di Eropa telah marah setelah muncul laporan, bahwa NSA menyadap puluhan juta catatan telepon di Eropa. Laporan itu bersumber dari bocoran Snowden. Snowden sendiri, sampai kini masih bersembunyi di Rusia, setelah mendapatkan suaka satu tahun dari Pemerintah Vladimir Putin.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6639 seconds (0.1#10.140)
pixels