NSA monitor 60 juta percakapan telepon di Spanyol

Senin, 28 Oktober 2013 - 17:27 WIB
NSA monitor 60 juta...
NSA monitor 60 juta percakapan telepon di Spanyol
A A A
Sindonews.com - Badan Keamanan Nasional (NSA) telah memonitor 60 juta panggilan telepon di Spanyol selama satu bulan pada tahun lalu. Demikian diberitakan, El Mundo, harian Spanyol mengutip dokumen informasi yang dibocorkan oleh mantan kontraktor NSA, Edward Snowden.

Menurut laporan yang ditulis Glenn Greenwald dan German Aranda dalam El Mundo, NSA telah 60 mengumpulkan nomor dan lokasi dari para penelepon dan penerima panggilan telepon di Spanyol, selama Desember 2012 lalu. Spanyol menjadi negara Eropa Barat ketiga yang menjadi pemberitaan besar setelah warga negaranya menjadi objek pengawan NSA.

Laporan pengintaian terbaru itu akan semakin mempertegang situasi internasional terkait dengan jangkauan kerja Badan Keamanan Nasional AS tersebut. Awal pekan ini, Perancis dan Jerman telah menuntut penjelasan dari pemerintah Amerika Serikat (AS) atas kegiatan penyadapan telepon yang dilakukan oleh NSA, terutama yang menimpa Kanselir Jerman Angela Merkel.

Presiden AS, Barack Obama, disebut-sebut Bild am Sonntag, media Jerman menurut kantor Kanselir Jerman, telah meminta maaf kepada Kanselir Jerman, Angela Merkel atas dugaan skandal penyadapan ponsel Merkel oleh NSA. Permintaan maaf terucap saat Obama melakukan percakapan telepon dengan Merkel, Rabu pekan lalu. Selain itu, Obama mengatakan, bahwa AS akan berhenti menyadap.

Sebelumnya, Bild am Sonntag, mengutip sumber-sumber intelijen AS yang mengungkapkan, bahwa pada tahun 2010 lalu, Kepala NSA, Keith Alexander telah memberitahu Presiden AS Barack Obama, bahwa NSA telah menyadapan ponsel terhadap Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang mungkin telah dimulai pada awal 2002. "Obama tidak menghentikan operasi ini, melainkan membiarkannya terus berjalan," surat laporan Bild am Sonntag, mengutip seorang pejabat tingkat tinggi NSA .
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6381 seconds (0.1#10.140)