NSA: Obama tidak tahu soal penyadapan Merkel

Senin, 28 Oktober 2013 - 02:27 WIB
NSA: Obama tidak tahu soal penyadapan Merkel
NSA: Obama tidak tahu soal penyadapan Merkel
A A A
Sindonews.com – Badan intelijen Amerika Serikat (AS), National Security Agency (NSA), membantah laporan media Jerman pada Minggu (27/10/2013), yang menyatakan Presiden Barack Obama secara pribadi telah diberitahu oleh NSA tentang penyadapan ponsel pribadi Kanselir Jerman, Angela Merkel.

“Kepala Umum NSA, Keith Alexander, tidak berdiskusi dengan Presiden Obama pada tahun 2010 soal operasi intelijen asing yang diduga melibatkan Kanselir Jerman, Angela Merkel, atau orang yang pernah membahas operasi yang diduga melibatkan Kanselir Merkel," kata Juru Bicara NSA, Vines Vanee, seperti dikutip dari AFP.

Menurutnya, laporan itu mengklaim hal yang tidak benar. Sementara Gedung Putih mengatakan, pihaknya tidak memonitor panggilan telepon Merkel dan tidak akan melakukannya di masa depan. Namun, pernyataan itu tidak menjelaskan, apakah penyadapan pernah dilakukan sebelumnya.

Sebelumnya, harian Jerman, Bild am Sonntag, mengutip sumber-sumber intelijen AS yang mengatakan, bahwa Kepala National Security Agency (NSA), Keith Alexander telah memberitahu Obama soal operasi penyadapan Merkel pada tahun 2010.

"Obama tidak menghentikan operasi ini, melainkan membiarkannya terus berjalan," surat laporan Bild am Sonntag, mengutip seorang pejabat tingkat tinggi NSA .

Sementara harian Jerman lainnya, Der Spiegel, melaporkan, dokumen NSA yang bocor menunjukkan telepon Merkel telah muncul pada daftar target mata-mata AS sejak tahun 2002 dan masih berada di bawah pengawasan, satu pekan sebelum Obama mengunjungi Berlin pada akhir Juni silam.

Merkel sendiri sangat marah dengan tindakan NSA ini. Menurutnya, tak sepatutnya AS melakukan tindakan mata-mata terhadap sekutu dekat. Selain itu, sejumlah pemimpin Eropa lainnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4615 seconds (0.1#10.140)