Terkait dugaan penyadapan, Jerman panggil Dubes AS

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 01:52 WIB
Terkait dugaan penyadapan, Jerman panggil Dubes AS
Terkait dugaan penyadapan, Jerman panggil Dubes AS
A A A
Sindonews.com – Jerman memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Jerman, John B. Emerson, Kamis (24/10/2013), terkait dengan kecurigaan Jerman, bahwa Washington menyadap ponsel pribadi Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle, menuntut AS segera memberi jawaban langsung atas tuduhan itu. Menurutnya, hubungan baik Jerman dan AS menjadi taruhan. Hal ini diungkapkan Westerwelle setelah melakukan pertemuan singkat di kantornya dengan Emerson.

"Bagi kami, memata-matai teman-teman dekat dan mitra, benar-benar tidak dapat diterima. Ini merusak kepercayaan dan ini dapat membahayakan persahabatan kami," kata Westerwelle, seperti dikutip dari AFP. "Kita perlu kebenaran, sekarang," tegasnya.

Kementerian tidak bisa mengkonfirmasi, bahwa pemanggilan itu belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan diplomatik AS-Jerman pasca Perang Dunia II. Pemanggilan Dubes AS ini dipandang sebagai langkah yang sangat tidak biasa di antara sekutu dekat.

Sementara itu, Merkel sendiri menyatakan, bahwa ia telah melakukan percakapan telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama soal dugaan penyadapan yang dilakukan AS terhadap ponsel pribadi Merkel.

Menurut Merkel, tindakan itu tidak dapat diterima. "Ini bukan hanya tentang saya, tapi tentang setiap warga negara Jerman. Kami harus memiliki kepercayaan pada sekutu dan mitra kami. Dan, kepercayaan ini sekarang harus didirikan kembali," kata Merkel, seperti dikutip dari Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4706 seconds (0.1#10.140)