Merkel: Memata-matai teman tidak dapat diterima

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 01:12 WIB
Merkel: Memata-matai teman tidak dapat diterima
Merkel: Memata-matai teman tidak dapat diterima
A A A
Sindonews.com – Kanselir Jerman, Angela Merkel, pada Kamis (23/10/2013), menyatakan, bahwa ia telah melakukan percakapan telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama soal dugaan penyadapan yang dilakukan AS terhadap ponsel pribadi Merkel.

Menurut Merkel, tindakan itu tidak dapat diterima. "Ini bukan hanya tentang saya, tapi tentang setiap warga negara Jerman. Kami harus memiliki kepercayaan pada sekutu dan mitra kami. Dan, kepercayaan ini sekarang harus didirikan kembali," kata Merkel, seperti dikutip dari Reuters.

"Saya ulangi, bahwa melakukan tindakan mata-mata di antara teman-teman, sama sekali tidak dapat diterima terhadap siapa pun. Dan, yang berlaku bagi setiap warga negara di Jerman,” tegas Merkel. Satu hari sebelumnya, Pemerintah Jerman menegaskan, bahwa mereka telah melihat bukti yang menyatakan bahwa ponsel Merkel "dipantau" oleh badan intelijen AS, NSA.

Merkel juga menyarankan, perjanjian berbagi informasi dengan Washington, mungkin perlu merevisi. "Untuk tujuan ini, kita perlu bertanya apa yang kita butuhkan, di mana data perjanjian keamanan yang kita butuhkan, apa yang kita butuhkan antara transparansi Amerika Serikat dan Eropa," kata Merkel.

"Kami adalah sekutu yang menghadapi tantangan bersama. Tapi, aliansi hanya dapat dibangun atas dasar kepercayaan," tandasnya. Tak hanya Merkel, sejumlah pemimpin negara Eropa juga menyatakan rasa marah mereka atas tindakan AS ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)