Kedutaan Oman akan wakili kepentingan Iran di Kanada

Kamis, 24 Oktober 2013 - 01:37 WIB
Kedutaan Oman akan wakili kepentingan Iran di Kanada
Kedutaan Oman akan wakili kepentingan Iran di Kanada
A A A
Sindonews.com – Kedutaan Oman akan berfungsi sebagai perantara kepentingan Iran di Kanada dan Kedutaan Besar Italia di Teheran akan menjadi tuan rumah bagi misi diplomatik Kanada di Iran. Demikian dinyatakan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Marzieh Afkham, seperti dikutip oleh Tehran Times Daily, Rabu (23/10/2013).

“Keputusan itu dibuat setelah perwakilan Iran dan Kanada mengadakan diskusi politik di PBB,” kata Afkham. Ini adalah langkah maju hubungan diplomatik kedua negara, setelah sempat rusak pada 2012 silam.

Pada 7 September 2012, Kanada menutup kedubesnya di Teheran. Kanada juga mengusir semua diplomat Iran di Kanada beberapa hari kemudian. Program nuklir Iran, sikap bermusuhan Iran terhadap Israel, dan dugaan bantuan militer Iran kepada rezim Suriah menjadi alasan untuk mengambil keputusan untuk menutup kedutaan Kanada di Teheran.

Selain itu, Afkham juga mengatakan, bahwa Iran dan Inggris akan menunjuk diplomat non-penduduk ke negara masing-masing dalam delapan hari ke depan. “Penunjukan diplomat non-penduduk akan menjadi langkah pertama menuju pembukaan kedutaan. Hubungan akan dinormalisasi melalui langkah demi langkah,” tambahnya.

Hubungan diplomatik Inggris dan Iran retak pada 2011. Inggris kemudian menutup kedutaannya di Teheran dan memerintahkan penutupan segera Kedutaan Besar Iran di London.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6494 seconds (0.1#10.140)
pixels