Kunjungi Pyongyang, Marty bahas isu denuklirisasi

Rabu, 23 Oktober 2013 - 11:33 WIB
Kunjungi Pyongyang, Marty bahas isu denuklirisasi
Kunjungi Pyongyang, Marty bahas isu denuklirisasi
A A A
Sindonews.com – Utusan khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Luar Negeri Marty M. Natalegawa, berkunjung ke Pyongyang, Korea Utara (Korut) dari tanggal 21 Oktober hingga hari ini (23/10/2013). Kunjungan Marty itu sebagai respon dari kunjungan kenegaraan Presiden Presidium Korut Kim Yong Nam, ke Indonesia pada 15 Mei 2012 lalu.

Marty melakukan pembicaraan khusus dengan Menlu Korut Pak Ui Chun dan Presiden Presidium Kim Yong Nam mengenai upaya-upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif di Semenanjung Korea. Termasuk di dalamnya isu denuklirisasi dan reunifikasi.

“Indonesia mendapatkan gambaran utuh soal pandangan dan pemikiran Korut mengenai prospek stabilitas di Semenanjung Korea,” kata Menlu Marty, seperti dikutip dari pemberitaan di situs Kemlu RI.

”Saya secara khusus telah ditugaskan Presiden RI untuk menyampaikan surat beliau kepada pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, dalam pertemuan dengan Presiden Presidium Kim Yong Nam,” lanjut Marty.

Dalam surat tersebut Presiden SBY menyampaikan arti penting hubungan baik kedua negara yang terjalin selama ini, meskipun demikian masih terdapat ruang yang sangat besar untuk meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan. “Bapak Presiden menggarisbawahi potensi besar hubungan kedua negara,” tegas Marty.

Selanjutnya dalam surat tersebut, SBY juga menekankan pentingnya stabilitas dan perdamaian di kawasan, khususnya di Semenanjung Korea, sebagai prasyarat melanjutkan pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik di Indonesia, Korut maupun di kawasan.

“Presiden RI tegaskan perlu adanya terobosan dalam mengintensifkan komunikasi antara kedua bangsa Korea, termasuk cara-cara non-tradisional,” tutup Marty.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5367 seconds (0.1#10.140)