Diguyur hujan, air nuklir Fukushima meluap lagi

Senin, 21 Oktober 2013 - 17:32 WIB
Diguyur hujan, air nuklir Fukushima meluap lagi
Diguyur hujan, air nuklir Fukushima meluap lagi
A A A
Sindonews.com - Operator reaktor nuklir Fukushima, Jepang, Tokyo Eelectric Power Company (Tepco), mengatakan, air berkadar radioaktif tinggi di reaktor itu kembali meluap pada Senin (21/10/2013). Kebocoran atau luapan air radioaktif terbaru itu, akibat guyuran hujan lebat kemarin.

Menurut Tepco, air radioaktif dengan kadar isotop Strontium-90 meluap dari tangki reaktor. Sebagian dari air yang tercemar radioaktif tersebut meresap ke dalam air tanah. Namun, Tepco mengklaim kemungkinan kecil air radioaktif yang mengalir ke Laut Pasifik dan sekitarnya.

Strontium-90 merupakan radioaktif produk dari pecahan uranium dan plutonium di dalam reaktor nuklir. Isotop tersebut mudah terserap tubuh manusia dan bisa menyebabkan kanker tulang.

Kebocoran terbaru ini, memperpanjang masalah yang dihadapi Tepco, sejak reaktor nuklir Fukushima diguncang gempa dan tsunami tahun 2011. Tepco mengaku, telah membuat rencana untuk memompa keluar air hujan yang terkumpul di tangki reaktor nuklir.

Tetapi, perusahaan kewalahan dengan kadar air hujan yang banyak. ”Pompa kami tidak bisa menahan air hujan. Akibatnya, air radioaktif meluap,” kata juru bicara Tepco Yoshikazu Nagai, seperti dikutip al-Jazeera.

Sebelum ini, air radioaktif itu pernah meluap pada awal Oktober 2013 lalu. Kala itu, luapan air yang sangat beracun itu akibt kecerobohan para pekerja. Di mana, mereka salah dalam menghitung kapasitas tangki.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6408 seconds (0.1#10.140)