Hubungan Mesir & AS alami kekacauan

Rabu, 16 Oktober 2013 - 16:11 WIB
Hubungan Mesir & AS alami kekacauan
Hubungan Mesir & AS alami kekacauan
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Mesir, Nabil Fahmy, mengatakan hubungan antara Mesir dengan Amerika Serikat sedang mengalami kekacauan. Dia memperingatkan, kondisi itu bisa menjalar ke seluruh Timur Tengah.

Komentar Menlu Mesir itu, disampaikan dalam pidato sambutan yang dipublikasikan surat kabar yang dikelola negara Mesir, al-Ahram pada Rabu (16/10/2013). ”Perpanjangan periode ketidakstabilan dalam hubungan ini akan mencerminkan situasi negatif di seluruh wilayah (Timur Tengah), termasuk untuk kepentingan Amerika,” katanya.

”Kita sekarang dalam keadaan halus, ketika mencerminkan gejolak dalam hubungan ini. Dan siapa pun yang mengatakan sebaliknya, dia tidak berbicara jujur​​,” imbuh Fahmy.

Pemerintah Mesir pada pekan lalu telah mengecam keputusan AS yang membekukan bantuan militer dan ekonomi terhadap Kairo. Penghentian bantuan itu, sebagai respons AS atas tindakan keras yang dilakukan Pemerintah Mesir terhadap massa Ikhwanul Muslimin pendukung Presiden Mesir terguling, Mohamed Morsi.

Meski membekukan bantuan, Washington menegaskan bahwa, mereka tidak memutuskan hubungan diplomatik dengan sekutu lamanya itu. Para pejabat AS mengatakan, langkah penghentian bantuan tersebut mencerminkan sikap kegalauan Washington terhadap peta politik Mesir, setelah militer menggulingkan Morsi pada 3 Juli 2013.

Pemerintah sementara Mesir yang didukung militer, bersikeras bahwa Mesir tidak akan tunduk pada tekanan AS. Mereka menyebut, keputusan AS sebagai hal aneh, karena balik badan, ketika Pemerintah Mesir mengklaim tengah berperang melawan terorisme.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6115 seconds (0.1#10.140)