Walau gagal raih nobel, Malala disanjung Obama

Sabtu, 12 Oktober 2013 - 09:30 WIB
Walau gagal raih nobel, Malala disanjung Obama
Walau gagal raih nobel, Malala disanjung Obama
A A A
Sindonews.com - Malala Yousafzai, 16, gadis Pakistan yang setahun lalu kepalanya ditembak militan Taliban Pakistan, gagal meraih Nobel Perdamaian 2013. Kendati demikian, kiprah Malala yang jadi ikon perlawanan terhadap radikalisme disanjung Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Malala bahkan menjadi tamu khusus Obama dan istrinya, Michelle Obama di Gedung Putih, kemarin. Dalam pertemuan di Gedung Putih, Obama mengucapkan terima kasih kepada Malala atas kampanye pendidikan untuk anak-anak perempuan yang dia kobarkan, meski nyawanya terus terancam.

Malala gagal meraih Nobel Perdamaian 2013, setelah Komite Nobel mengumumkan secara resmi kemarin, bahwa peraih Nobel Perdamaian 2013 adalah Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) yang kini tengah menjalankan misi berat di Suriah, yakni melucuti senjata kimia rezim pemerintah Bashar al-Assad.

Kembali ke Malala, usai kepala gadis itu ditembak militan Taliban Pakistan setahun lalu, dia langsung diterbangkan ke Inggris untuk menjalani operasi. Beruntung, nyawanya bisa terselamatkan.

Meski, nyaris tewas, Malala justru kian berani mengobarkan kampanye pendidikan untuk anak-anak perempuan Pakistan. Terakhir, dia kembali menerima ancaman dari kelompok militan itu, bahwa dia akan dihabisi jika ada kesempatan.

Semangat Malala itu disanjung Obama dan istrinya. ”(Terima kasih atas) inspirasi dan gairah kerja atas nama pendidikan anak perempuan di Pakistan,” bunyi pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/10/2013).

”AS bergabung dengan orang-orang Pakistan dan banyak di seluruh dunia untuk merayakan keberanian Malala yang bertekad untuk mengampanyekan hak semua anak perempuan untuk bersekolah dan mewujudkan impian mereka ,” lanjut pernyataan Gedung Putih.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7387 seconds (0.1#10.140)