Emosional, pertemuan Snowden & ayahnya di Rusia

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 16:24 WIB
Emosional, pertemuan Snowden & ayahnya di Rusia
Emosional, pertemuan Snowden & ayahnya di Rusia
A A A
Sindonews.com – Media Rusia merilis laporan pertemuan whistleblower NSA, Edward Snowden dan ayahnya Lon Snowden, di lokasi yang dirahasiakan di Rusia. Pertemuan pertama ayah dan anak, sejak Snowden jadi buronan pemerintah Amerika Serikat itu dilaporkan sangat emosional.

”Pertemuan telah terjadi. Itu sangat emosional,” tulis kantor berita Rusia, Interfax, pada Jumat (11/10/2013), mengutip seorang sumber. Lon Snowden tiba di Moskow dari AS, kemarin. Sumber itu, tidak disebutkan Interfax, dengan alasan menyangkut masalah keamanan.

Sementara itu, pengacara Snowden, Anatoly Kucherena belum memberikan komentar perihal pertemuan pembocor penyadapan rahasia Badan Keamanan Nasional (NSA) AS itu dengan ayahnya. Dia tetap merahasiakan lokasi perembunyian Snowden, untuk memastikan keselamatan mantan kontraktor NSA itu.

Pemerintah Rusia telah memberikan suaka satu tahun kepada Snowden. Tapi, Pemerintah AS mendesak Rusia untuk mengekstradisi pemuda 30 tahun itu ke AS, guna menghadapi berbagai tuduhan, salah satunya tuduhan kejahatan spionase.

Sejak mendapat suaka dari Pemerintah Vladmir Putin pada 1 Agustus 2013, keberadaan Snowden masih misterius. Sekelompok mantan intelijen AS yang terdiri dari empat orang, memberikan Sam Adams Award kepada Snowden di Moskow.

WikiLeaks yang telah mendukung Snowden, semalam juga menerbitkan foto-foto pertama Snowden sejak mendapat suaka dari Pemerintah Rusia. Dalam foto yang dipajang di akun Twitter WiliLeaks, Snowden tampak tersenyum, berkemeja menggenggam penghargaan, dan diapit para mantan intelijen AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6230 seconds (0.1#10.140)