Inggris-Iran jajaki kemungkinan pembukaan kembali Kedubes

Rabu, 09 Oktober 2013 - 04:26 WIB
Inggris-Iran jajaki kemungkinan pembukaan kembali Kedubes
Inggris-Iran jajaki kemungkinan pembukaan kembali Kedubes
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, mengatakan pada Selasa (8/10/2013), bahwa Inggris dan Iran telah memulai sebuah proses yang bisa mengarah pada pembukaan kembali Kedutaan Besar masing-masing, setelah gagalnya hubungan diplomatik pada 2011 silam.

"Saat ini, kedua negara akan menunjuk pejabat tidak tetap yang bertugas melaksanakan pembangunan hubungan, termasuk langkah-langkah sementara dalam perjalanan yang akhirnya bertujuan membuka kembali kedua kedutaan kami," kata Hague, seperti dikutip dari Reuters.

Soal program nuklir Iran, Hague mengatakan, Teheran perlu membuat "perubahan substantif" jika ingin Barat meringankan sanksi. Menurutnya, masa depan hubungan Inggris-Iran akan tergantung pada langkah-langkah nyata.

"Dengan tidak adanya perubahan yang mendasar terhadap kebijakan ini, kami akan terus mempertahankan sanksi yang kuat. Sebuah perubahan substansial dalam kebijakan Inggris atau Barat, memerlukan perubahan substantif dalam program itu," jelas Hague.

Perdana Menteri David Cameron menyambut pemilihan Presiden Hassan Rouhani awal tahun ini, namun mengatakan hubungan tetap tegang karena penggeledahan dari Kedutaan Besar Inggris di Teheran pada 2011. Ini adalah sebuah insiden yang menyebabkan salah satu krisis terburuk antara kedua negara sejak Revolusi Islam pada 1979.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6728 seconds (0.1#10.140)