Myanmar bebaskan 56 tahanan politik

Selasa, 08 Oktober 2013 - 15:00 WIB
Myanmar bebaskan 56...
Myanmar bebaskan 56 tahanan politik
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Myanmar pada Selasa (8/10/2013), mulai membebaskan sekitar 56 aktivis dan narapidana politik yang ditahan. Sisa tahanan politik lainnya akan dibebaskan pada akhir tahun ini.

”Pemerintah kami akan memebebaskan 56 tahanan politik,” kata seorang pejabat senior Kementerian Dalam Negeri , yang menolak untuk diidentifikasi, karena ia tidak berwenang untuk berbicara kepada media , seperti dikutip Reuters.

Dari beberapa tahanan politik yang dibebaskan, salah satunya adalah mantan sparatis etnis minoritas do Myanmar. Dalam pidato yang dibuat selama perjalanan ke Inggris, Presiden reformis Myanmar, Thein Sein berjanji untuk membebaskan semua tahanan politik maskimal akhir tahun ini.

Sementara itu, Hla Maung, salah seorang pejabat di kantor kepresidenan Myanmar, juga mengkonfirmasi, bahwa puluhan tahanan politik akan dibebaskan. Menurutnya, langkah itu diambil sebagai wujud reformasi setelah Presiden Thein Sein mengambil alih kekuasaan pada Maret 2011.

Namun para aktivis mengatakan pemerintah terus mengadili para pembangkang, dan beberapa dari mereka tetap dijebloskan ke penjara. Para aktivis yang masih ditahan menuding, gebrakan pemerintah Myanmar dalam membebaskan para tahanan politik hanya untuk mencari simpati dari masyarakat internasional.

Presiden Thein Sein sempat berujar, bahwa nantinya tidak ada ada tahanan politik di negaranya. Hal itu, katanya, sesuai hati nurani rakyat Myanmar.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9949 seconds (0.1#10.140)