Karzai serukan rakyat Afghanistan gunakan hak pilih dalam Pilpres 2014

Senin, 07 Oktober 2013 - 20:26 WIB
Karzai serukan rakyat Afghanistan gunakan hak pilih dalam Pilpres 2014
Karzai serukan rakyat Afghanistan gunakan hak pilih dalam Pilpres 2014
A A A
Sindonews.com - Kurang enam bulan berlangsungnya pesta politik, pemilihan Presiden baru Afghanistan, Presiden Hamid Karzai menyerukan rakyatnya untuk mengunakan hak pilihnya dalam pemilu yang akan digelar pada 5 April 2014 mendatang, Senin (7/10/2013).

"Saya menyerukan kepada semua warga Afghanistan untuk menggunakan hak pilih mereka dalam pemilu mendatang. Saya menyerukan semua warga Afghanistan yang sudah berusia 18 tahun memiliki kartu pemilih dan menggunakannya di hari pemungutan suara," ungkap Karzai dalam sebuah konferensi pers di Istana Kepresidenan.

"Menggunakan hak pilih itu membantu menentukan tujuan negara dan membantu mewujudkan kesejahteraan dan stabilitas di negara ini," terang Karzai. "Saya menegaskan bahwa presiden dan dua wakil presiden sebelumnya tidak akan mendukung kandidat presiden tertentu dalam pemilu mendatang," imbuh Karzai.

Seruan itu disampaikan Karzai sehari setelah lembaga pemilihan umum Afghanistan menutup pendaftaran bagi para calon presiden dan anggota dewan provinsi. Seperti diketahui, pendaftaran calon presiden dan anggota dewan provinsi Afghanistan dibuka pada 16 September lalu dan ditutup 6 Agustus kemarin.

Menurut lembaga pemilihan umum Afghanistan, sudah ada 27 politisi, termasuk wanita yang mencalonkan diri sebagai presiden. Sementara jumlah calon anggota dewan provinsi yang telah mendaftar tercatat 2.327 orang, termasuk 240 wanita.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5500 seconds (0.1#10.140)