Sebut rakyat Iran tak bebas pakai jeans, PM Israel diledek

Senin, 07 Oktober 2013 - 17:10 WIB
Sebut rakyat Iran tak bebas pakai jeans, PM Israel diledek
Sebut rakyat Iran tak bebas pakai jeans, PM Israel diledek
A A A
Sindonews.com – Komentar Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang menyebut rakyat Iran tak bebas mengenakan celana jeans dan mendengarkan musik Barat karena hidup di bawah rezim yang sekarang berbuntut ledekan.

Rakyat Iran ramai-ramai mengirimkan foto mereka yang tengah mengenakan celana jeans ke akun Twitter Netanyahu. Aksi itu sebagai ledakan terhadap Netanyahu, sekaligus menunjukkan jika mereka bisa hidup bebas dan mencintai rezim pemimpin mereka.

Komentar Netanyahu yang kontroversial itu, muncul dalam sebuah wawancara dengan televisi Inggris berbahasa Persia pada Sabtu pekan lalu. ”Saya pikir, jika rakyat Iran memiliki kebebasan, mereka akan memakai celana jeans, mendengarkan musik Barat , dan memiliki pemilu yang bebas,” kata Netanyahu dalam wawancara itu, seperti dikutip Reuters, Senin (7/10/2013).

Netanyahu juga meyakini Iran sedang membuat bom nuklir karena melakukan pengayaan uranium. Rakyat Iran yang jengkel dengan komentar Netanyahu membalasnya dengan komentar pedas di Twitter.

”Netanyahu, di sini ada sebuah toko yang menjual senjata pemusnah massal di Iran,” bunyi salah satu pemilik akun twitter, dengan menampilkan gambar sebuah toko celana jeans. ”Netanyahu, tiga hari yang lalu saya membeli celana jeans,” bunyi tweet rakyat Iran lainnya.

Netanyahu dalam wawancara itu juga mengkritik penyensoran media sosial dan saluran satelit di Iran serta perlakuan pemerintah terhadap kaum lesbi dan gay.

Menurut Netanyahu, pemilu Iran yang membawa Hassan Rouhani berkuasa tidak serta merta membuat rakyat Iran bebas, meski Rouhani mengklaim sebagai tokoh moderat. Pasalnya, kata Netanyahu, kendali tertinggi di Iran tetap di tangan Ayatollah Ali Khamenei.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6637 seconds (0.1#10.140)
pixels