Khamenei: AS tak bisa dipercaya & congkak

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 20:18 WIB
Khamenei: AS tak bisa dipercaya & congkak
Khamenei: AS tak bisa dipercaya & congkak
A A A
Sindonews.com - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Sabtu (5/10/2013) mengatakan, ia mendukung langkah Presiden Iran, Hassan Rouhani untuk mencairkan ketegangan diplomatik Teheran dengan negara-negara Barat.

Tapi, dia pesmistis, jika diplomatik dijalin dengan Amerika Serikat. ”Sebagian dari apa yang terjadi pada perjalanan Rouhani di New York tidak tepat,” kata Khamenei, tanpa menjelaskan lebih rinci maksud ketidaktepatan upaya diplomatik yang dilakukan Rouhani dengan AS.

Mengutip laporan Reuters, dia hanya menegaskan, bahwa Pemerintah AS merupakan rezim yang tidak pernah bisa dipercaya. "Kami pesimistis terhadap Amerika dan tidak menaruh kepercayaan apapun di dalamnya,” ujar Khamenei. ”Pemerintah Amerika tidak dapat dipercaya, congkak dan tidak masuk akal, serta ingkar janji.”

Meski masih menaruh kebencian dengan AS, Khamenei sepenuhnya mendukung Rouhani dalam membuka diplomasi untuk mengakhiri embargo yang dilakukan negara-negara Barat terhadap Teheran atas kontroversi program nuklir Iran.

Dukungan Khamenei terhadap Presiden Iran yang moderat itu, sekaligus meredam reaksi kelompok garis keras di Iran yang tidak suka Rouhani “bermain-main” dengan membuka diplomasi terhadap AS.

Rouhani, usai pulang dari New York pekan lalu, mendapat sambutan tak mengenakkan saat tiba di bandara Iran. Dia dilempar sepatu oleh massa kelompok garis keras, sembari meneriakkan kebencian terhadap AS dan Israel.

”Kami mendukung gerakan diplomatik pemerintah (Rouhani) dan pentingnya upaya diplomatik, termasuk apa yang dilakukan Rouhani dalam perjalanan terakhir,” kata Khamenei, dalam pidatonya yang dilansir kantor berita ISNA.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6431 seconds (0.1#10.140)