Presiden Turki peringatkan radikalisasi di Suriah

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 20:04 WIB
Presiden Turki peringatkan radikalisasi di Suriah
Presiden Turki peringatkan radikalisasi di Suriah
A A A
Sindonews.com - Presiden Turki Abdullah Gul memperingatkan berkembangnya ancaman radikalisasi di Suriah karena konflik internal di sana yang tidak kunjung menunjukan tanda-tanda akan berahir dalam waktu dekat. Demikian diungkapkan Gul saat membuka Forum Istanbul dengan topik Transisi dan Krisis di Timur Tengah, Jumat (4/10/2013).

"Perang yang terjadi di Suriah semakin hari semakin dalam dan jika itu berlangsung terus di luar dugaan, kita harus bersiap-siap dengan ancaman radikalisasi," ungkap Gul di hadapan 300 peserta dari 30 negara dari seluruh dunia.

Gul kemudian mendesak masyarakat internasional mengambil sejumlah langkah mendesak untuk mengakhiri konflik di Suriah dan membersihkan seluruh wilayah dari senjata kimia sesegera mungkin. "Ini adalah satu-satunya solusi untuk menciptakan stabilitas di kawasan dan sekaligus menciptakan perdamaian yang abadi di Timur Tengah," ungkap Gul.

Gul mencatat, hari ini tatanan dunia telah berubah dan keseimbangan kekuatan telah bergeser dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa ke Asia. "Selama proses transisi berlangsung, peningkatan ketidakstabilan di berbagai belahan dunia adalah hal yang normal," terang Gul. "Dalam tatanan dunia baru, demokrasi adalah sebuah momentum penting," imbuhnya.

"Apa yang terjadi di Tunisia, Mesir, Lebanon dan Suriah mencerminkan permintaan rakyat untuk menciptakan sebuah masyarakat yang lebih demokratis. Yang mereka butuhkan adalah sistem ang menghormati martabat manusia. Ini menjadi hal yang tak terelakkan bagi sejumlah negara untuk mengubah pemahaman tentang negara dan sistem pemerintahan mereka," papar Gul .
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5293 seconds (0.1#10.140)