Rusia mendakwa semua aktivis Greenpeace

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 18:40 WIB
Rusia mendakwa semua aktivis Greenpeace
Rusia mendakwa semua aktivis Greenpeace
A A A
Sindonews.com – Semua aktivis Greenpeace, yakni sekitar 16 orang dari berbagai negara yang ditangkap aparat keamanan Rusia, didakwa atas tuduhan serangan atau pembajakan ke fasilitas energi raksasa Rusia.

Jika tuduhan terbukti, mereka terancam hukuman 15 tahun penjara. ”Mereka semua dituduh melakukan pembajakan melalui kelompok yang terorganisir,” bunyi pernyataan pengadilan di Rusia. Mereka saat ini ditahan di penjara, di Kota Murmansk.

Greenpeace membantah melakukan kesalahan seperti yang dituduhkan. Mereka menyebut, dakwaan itu tidak masuk akal. ”Aktivis kami telah didakwa dengan kejahatan yang tidak pernah terjadi,” kata Kumi Naidoo, direktur eksekutif internasional Greenpeace, seperti dikutip al-Jazeera, Jumat (4/10/2013).

"Sebuah ketidakadilan yang mendalam yang sekarang sedang dilakukan terhadap teman-teman kita , saudara-saudara kita, dan anak kami yang ada di penjara-penjara Rusia,” lanjut dia.

Kelompok itu selama ini gencar melakukan aksi guna mengecam rencana Rusia untuk mengebor minyak di kawasan Arktik.

Presiden Vladimir Putin sudah mengatakan, bahwa para aktivis bukan melakukan pembajakan. Namun mereka telah melanggar undang-undang internasional.

Kelompok hak asasi manusia internasional, Human Rights Watch, mendesak agar pemerintah Rusia membebaskan para aktivis Greenpeace tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3699 seconds (0.1#10.140)