PM Israel: Bom nuklir jadikan Iran rezim abadi

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 16:15 WIB
PM Israel: Bom nuklir jadikan Iran rezim abadi
PM Israel: Bom nuklir jadikan Iran rezim abadi
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yakin Iran membuat bom nuklir karena melakukan pengayaan uranium. Dia mencemaskan Iran akan menjadi rezim abadi jika memiliki bom nuklir.

Menurutnya, jika keyakinannya akan bom nuklir Iran terbukti, hidup masyarakat Iran ke depan akan lebih buruk dari yang sekarang. ”Jika mereka mendapatkan senjata nuklir, rezim brutal ini akan menjadi abadi, seperti Korea Utara,” ucap Netanyahu dalam wawancaranya dengan BBC Persia yang dilansir Jumat (4/10/2013).

Kata Netanyahu, presiden baru Iran, Hassan Rouhani, tidak bisa berkutik dengan keputusan yang dibuat Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Khamenei dan Rouhani, sebelumnya menegaskan, Iran tidak membuat bom nuklir. Mereka bersikeras program nuklir Iran semata-mata untuk tujuan damai, yakni untuk kepentingan masyarakat sipil.

Klaim mereka diragukan Netanyahu. Dia ingin melihat solusi nyata dari diplomasi yang dilakukan Rouhani dalam mengakhiri krisis nuklir Teheran. ” Saya ingin melihat solusi nyata. Tidak palsu,” katanya.

Jika Iran benar-benar tidak membuat bom nuklir, lanjut Netanyahu, Teheran harus berani fasilitas nuklirnya digeledah. ”Jika mereka ingin energi sipil, mereka tidak perlu pengayaan uranium. Pengayaan uranium diperlukan hanya jika Anda ingin membuat bom nuklir.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)