Korut Kecam parade militer Korsel

Kamis, 03 Oktober 2013 - 01:29 WIB
Korut Kecam parade militer Korsel
Korut Kecam parade militer Korsel
A A A
Sindonews.com – Korea Utara (Korut) pada Rabu (2/10/2013), mengecam “sikap permusuhan” Korea Selatan (Korsel). Kecaman ini datang, setelah satu hari sebelumnya Korsel menggelar parade militer yang memamerkan rudal jelajah yang mampu melancarkan serangan presisi terhadap pusat pemerintahan Korut di Pyongyang.

"Boneka-boneka melancarkan parade yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini adalah sikap permusuhan gila," kata seorang pejabat Korut, seperti dikutip harian milik Pemerintah Korut, Rodong Sinmun. Parade militer itu sendiri dilakukan untuk menandai ulang tahun ke-65 berdirinya Angkatan Bersenjata Korsel.

Parade militer yang dilakukan Korut pada Selasa (1/10/2013), memang menjadi parade militer yang terbesar selama satu dekade terakhir. Parade militer itu melibatkan 11 ribu personel tentara, 120 pesawat, tank, artileri berat, dan berbagai jenis rudal.

Meski Korut secara rutin mementaskan parade militer yang jauh lebih besar di Pyongyang, namun negara komunis itu tetap menyebut apa yang dilakukan Korsel sebagai tindakan provokatif. Menurut Rodong Sinmun, parade militer itu bertujuan untuk memperkuat "kolusi militer" Korsel dengan Amerika Serikat dan "memacu persiapan untuk menyerang Korut".

“Parade konfrontatif menunjukkan sifat sebenarnya dari Korsel dan AS sebagai perusak dialog antar Korea," lanjut pernyataan itu. Dalam parade militer itu, hadir Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, yang menjadi tamu kehormatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7466 seconds (0.1#10.140)