Indonesia-Brazil tingkatkan kerja sama di berbagai bidang

Rabu, 25 September 2013 - 13:49 WIB
Indonesia-Brazil tingkatkan kerja sama di berbagai bidang
Indonesia-Brazil tingkatkan kerja sama di berbagai bidang
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Indonesia sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya dengan Brazil. Demikian ditegaskan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa usai mengelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Brazil, Luis Alberto Figueiredo Machado, di sela sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Senin (23/9/2013).

“Hubungan bilateral Indonesia-Brazil telah berjalan selama 60 tahun dan telah banyak menghasilkan kerja sama konkrit di berbagai bidang,” ungkap Marty.Menurutnya, sejak ditandatanganinya Plan of Action 2009, hubungan bilateral RI – Brazil telah berkembang dalam sejumlah Kelompok Kerja di berbagai bidang. Sepanjang tahun 2013 ini, tercatat sekitar 11 kesepakatan dan Memorandum of Understanding yang masih dibahas antara kedua negara.

Sejauh ini, Indonesia dan Brazil telah mengembangkan kerja sama dalam bidang hukum, ilmu pengetahuan dan teknologi, pertanian, pariwisata, lingkungan hidup, dan pengentasan kemiskinan. Pada pertemuan bilateral tersebut, Menlu RI dan Brazil juga bertekad untuk terus memperkuat kerja sama dan persahabatan antara kedua negara.

Dalam kesempatan itu, keduanya juga membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama, khususnya investasi dan perdagangan. Brazil dan Indonesia telah mencapai kesepakatan untuk mengatasi berbagai hambatan perdagangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4017 seconds (0.1#10.140)